MARI GEMAR MEMBACA



MARI GEMAR MEMBACA


            Membaca merupakan cara kita memperluas wawasan. Akan tetapi mengapa di negara Indonesia minat baca masih tergolong rendah. Hal ini sangat disayangkan sekali. Bayangkan saja apabila dari 100% penduduk Indonesia minat bacanya adalah 75% dari jumlah penduduk alangkah luar biasanya wawasan bangsa ini. Kita sebagai jiwa muda generasi penerus bangsa harus mulai membuat suatu gerakan perubahan gemar membaca berbagai buku. Membaca itu tidak ada ruginya karena melalui membaca maka pengetahuan kita akan bertambah banyak.
            Saya sangat setuju apabila dalam sebuah desa-desa terdapat perpustakaan atau bahkan kalu bisa per RT. Karena melalui inilah minat baca akan menjadi meningkat. Minat baca rendah karena kurang tersedianya perpustakaan. Orang tua harus mulai menanamkan kepada anaknya budaya gemar membaca, karena melaui inilah bibit-bibit gemar membaca akan muncul. Disamping hal tersebut apabila orang tua menanamkan hal gemar membaca mulai dari sekarang. Saya yakin bahwa di Indonesia lima tahun kemudian akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada minat baca.
Saya sedikit bercerita tentang pengalaman saya tentang hal membaca. Jujur saja saya mulai senang membaca ketika saja dihadapkan pada tugas akhir skripsi. Hal ini seperti mau tidak mau saya harus mau dan senang membaca. Memang awalnya terasa malas untuk membaca. Akan tetapi lama-kelamaan saya sangat gemar sekali dengan hal membaca. Dan efeknya sangat terasa pengetahuan dan wawasan saya menjadi bertambah. Hingga hari ini saya sangat sekali dengan membaca dan minat saya terhadap membaca makin hari makin bertambah. Dan efek positif dari membaca ini adalah wawasan saya dan pengetahuan saya bertambah. Sedangkan efek negatifnya adalah ketika kita sudah kecanduan membaca seringkali kita lupa waktu.
Semoga cerita ini bisa bermanfaat bagi kaian yang membacanya. Kita sebagai anak muda dapat memulai mengubah mainset kita yang tidak suka membaca menjadi gemar membaca. Banyak sekali dampak positif yang kita rasakan apabila kita gemar membaca. Sungguh sangat luar biasa efek yang kita dapat dari kita gemar membaca.
Salam jiwamudaa

Comments