Apakah perbedaan itu indah ?



Apakah Perbedaan Itu Indah


Perbedaan memang indah. Banyak pepatah mengatakan seperti itu. Hidup di dunia ini pasti kita menemui banyak perbedaan. Perbedaan pendapat, pikiran, adat istiadat, cara berpakaian, logat dan masih banyak lagi. Akan tetapi bagi saya perbedaan itu tidak indah apabila di dalamnya tidak ada persatuan. Perbedaan memang terlihat sangat indah tetapi percuma saja apabila dalam banyak perbedaan tidak ada satu kesatuan.
Sering terjadinya konflik dan kesalah pahaman dikarena tidak ada satu kesatuan yang seiring sejalan. Maka hal yang sangat luar biasa ketika beberapa hal bisa disatukan dan seiring sejalan. Karena persatuan merupakan kekuatan yang sangat ampuh dalam menghadapi berbagai perbedaan. Bayangkan saja ketika kalian memiliki sapu lidi. Ketika satu lidi saja sulit sekali digunakan untuk menyapu. Akan tetapi apabila banyak lidi disatukan maka sapu ini berfungsi sebagaimana mestinya ketika dibuat untuk menyapu.
Mulai sekarang kita harus belajar mengubah mainset kita bahwa perbedaan itu tidak indah apabila di dalamnya tidak ada persatuan. Kita sebagai generasi muda harus mempunyai mainset tersebut karena kita ini adalah para generasi penerus bangsa. Jangan sampai kita terjerumus terhadap suatu perpecahan. Perpecahan hanya akan membawa kita kepada hal-hal negatif. Kalau bisa disatukan mengapa harus ada perpecahan.

Salam jiwamudaa 

Comments