Sejarah Google

Sejarah Google


Melihat gambar Google di atas langsung kita tahu siapa dia..
Tiap kali bingung dalam sesuatu hal kita pasti langsung bertanya pada Google dan Google itu ibarat orang pintar tau banyak hal yang tidak kita ketahui..hehehe

Tapi adakah yang tahu sejarahnya Google ?

Meskipun banyak orang yang menggunakannya saya yakin banyak orang yang tidak tahu tentang sejarah Google.
Oke dalam web saya kali ini akan membahas tentang sejarah Google

Kata Google awal mulanya berasal dari kata Googlo. Kata Googlo diciptakan oleh Milton Sirotta. Keponakan dari seorang ahli dalam bidang matematika dari Amerika Serikat bernama Edward Kasner. Milton Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), maka sebutang atau penggunaan kata Google merupakan Refleksi dari kata Googlo. 

Tapi apakah kalian tahu ?

Pasti kalian tidak tahu karena belum saya kasih tau ? hehehe
Becanda gaes...

Tapi apakah kalian tahu Google tak hanya unik dari asal katanya tapi juga  memiliki historis yang unik. Google lahir dari ketidak sengajaan dari sebuah pertemuan dua pemuda pada tahun 1995 antara Larry Page alumni Universitas Michigan  dan Sergy Brin salah seorang murid yang mendapatkan tugas mengantar keliling Lary Page yang sedang menikmati kunjungan akir pekan. Dalam pertemuan tersebut Lary dan Sergy pendiri Google sering berdiskusi panjang. Mereka mempunyai pendapat dan pandangan yang berbeda. Ya maklumlah namanya menyatukan dua pikiran pasti ada kesulitan dan ada perbedaan pandangan. Namun dari perbedaan pendapat tersebut malah menghasilkan sebuah terobosan baru dalam menyelesaikan salah satu tantangan terbesar dalam dunia komputer. Yaitu, masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif.

Pada bulan januari tahun 1996. Mereka (larry dan Sergey) mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine dan mereka menamainya BackRub. Setelah berjalan selama satu tahun BackRub naik daun (mulai dikenal banyak orang). Kabar tentang teknik baru mesin pencari langsung menyebar dengan cepat ke penjuru kampus. 

Lary dan sergey secara terus menerus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1988. Mereka mecari investor untuk mengembangkan Google. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Mereka pendapatkan tambahan dana dari rekan kampusnya yang bernama Andy Bechtolseim, dan Andy merupakan sang pendiri Sun Microsystems. Pada pagi buta mereka bertemu di serambi asrama fakultas Stanford, di Palo Ato. Lary dan Sergey memberikan demo tentang Google kepada Andy. Tetapi demo mereka tidak berlangsung lama karena andy tak mempunyai waktu lama.
Dan akirnya Andy tertarik dan setuju untuk memberikan suntikan dana kepada mereka dalam sebuah Cek seniai 100 ribu dolar AS. Tapi, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google padahal pada waktu itu perusaahan yang bernama Google belum didirikan larry dan sergey. Mereka tidak mungkin mencairkan dalam cek tersebut sebelum ada lembaga yang resmi yang bernama Google. Maka dari itu Larry dan Sergey berusaha keras dalam mencari mencari investor. Mereka mencari investor dari kalangan terdekat mereka dan akhirnya dana yang terkumpul 1 juta dolar. Dan akirnya Google pun didirikan pada tanggal 7 september 1998 dan dibuka secara resmi di kota Menlo Park, California. 

Dari kisah diatas saya mempunyai sebuah kata mutiara dari perjuangan Larry dan Sergey
"Tetaplah semangat dalam mengembangkan sebuah karyamu dan jadikanlah masalah sebagai tantangan untuk memajukan karyamu”

Comments